Category Archives: formal

16Mar/16
kalibrasi

Kalibrasi Timbangan di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

original-1356602793747

Berdasarkan surat nomor 585/UN/25.8/LK/2016 tentang Pengajuan Kalibrasi Alat Timbangan Digital milik Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember.
Spesifikasi timbangan digital sebagai berikut:

  1. Merk Ohaus item PA 214. Max cap 210 g, Readability 0,0001 g
  2. Merk SNUG 300, Max cap 300 g, Readability 0,01 g

Maka pada tanggal 24 Februari 2016 para personil Laboratorium Kalibrasi melakukan kalibrasi kedua timbangan tersebut. Timbangan merk Ohaus tidak bisa di kalibrasi karena nilai yang ditunjukan pada saat menimbang beban tidak bisa stabil. Sehingga hanya timbangan merk SNUG saja yang dapat dikalibrasi oleh personil Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember.

IMG-20160224-WA0004Pengambilan data kalibrasi timbangan digital Merk SNUG

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
continue reading

21Nov/15
studi-bandingx

KUNJUNGAN KE LABORATORIUM KALIBRASI PT.PAL INDONESIA (PERSERO)

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
  • Sejarah PT. PAL Indonesia(Persero)
    Untitledv

    PT. PAL Indonesia (Persero), bermula dari sebuah galangan kapal yang bernama MARINA dan didirikan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1939. Pada masa pendudukan Jepang, Perusahaan ini beralih nama menjadi Kaigun SE 2124. Setelah kemerdekaan, Pemerintah Indonesia menasionalisasi Perusahaan ini dan mengubah namanya menjadi Penataran Angkatan Laut (PAL). Pada tanggal 15 April 1980, Pemerintah mengubah status Perusahaan dari Perusahaan Umum menjadi Perseroan Terbatas sesuai dengan akta No. 12, yang dibuat oleh Notaris Hadi Moentoro, SH.

    Lokasi Perusahaan di Ujung, Surabaya, dengan kegiatan utama memproduksi kapal perang dan kapal niaga, memberikan jasa perbaikan dan pemeliharaan kapal, serta rekayasa umum dengan spesifikasi tertentu berdasarkan pesanan.Kemampuan rancang bangun yang menonjol dari PAL Indonesia telah memasuki pasaran internasional dan kualitasnya telah diakui dunia. Kapal-kapal produksi PAL Indonesia telah melayari perairan di seluruh dunia.

  • Kunjungan ke Laboratorium Kalibrasi PT. PAL Indonesia

    Laboratoium Kalibrasi PT.PAL merupakan Laboratorium Kalibrasi yang telah di akredasi oleh KAN degan kode LK-043

continue reading
21Aug/15
Survailen

Kegiatan Asesmen KAN untuk survailen Pertama Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember (LK 180 IDN)

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

logo

Komite Akreditasi Nasional (KAN) adalah suatu lembaga non struktural yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden, dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 2001. Komite Akreditasi Nasional (KAN) mempunyai tugas pokok untuk menetapkan akreditasi dan memberikan pertimbangan dan saran kepada Badan Standardisasi Nasional (BSN) dalam menetapkan sistem akreditasi dan sertifikasi.

KAN melakukan survailen  ke laboratorium yang diakreditasi untuk menjamin bahwa laboratorium  tersebut selalu menjaga kompetensinya sesuai dengan kriteria akreditasi KAN dari waktu ke waktu.Pelaksanaan survailen terhadap laboratorium yang telah diakreditasi minimum 2 (dua) kali dalam satu masa akreditasi.

Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember  (LK 180 IDN) telah diakreditasi oleh KAN dan sudah menerapkan sistem manajemen mutu yang memenuhi persayaratan ISO/IEC 17025:2005 (ISO/IEC 17025:2008). Untuk menjamin bahwa Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember selalu menjaga kompetensinya sesuai kriteria akreditasi KAN, maka KAN melakukan Survailen yang pertama untuk Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember pada tahun 2015.

IMG_20150810_082558

Pertemuan Pembukaan

Kegiatan Asesmen KAN untuk survailen Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember dilaksanakan pada … continue reading

29Jun/15
pelatihan

Inhouse Training 2012

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Peningkatan kompetensi personil dilakukan dengan pelatihan personil. Pelatihan menggunakan sistem inhouse training bekerjasama dengan PT Proxsis Manajemen International, dimana materi yang disampaikan adalah:
• Kalibrasi massa, suhu dan volume
• Ketidak pastian pengukuran
Materi yang disampaikan terdiri dari teori dengan metode tutorial dan tanya jawab serta praktek langsung di laboratorium. Peserta training 6 orang dan dilaksanakan tanggal 19 – 23 Desember 2012.

Foto-foto kegiatan inhouse training seperti pada Gambar 1, Gambar 2 dan Gambar 3.

IMG_0052

Gambar 1. Pelaksanaan in house training dengan tutorial dan tanya jawab di kelas.

 

IMG_0048

Gambar 2. Pelaksanaan in house training dengan tutorial dan tanya jawab di kelas.

IMG_0069

Gambar 3. Pelaksanaan in house training dengan praktek langsung di laboratorium.

Kegiatan in house training telah meningkatkan kompetensi personil dimana sebelumnya hanya satu personil yang telah melakukan pelatihan ketidakpastian pengukuran. Dengan adanya in house training ini terdapat enam personil yang telah mengikuti training ketidak pastian pengukuran. Selain ketidakpastian pengukuran pelatihan kalibrasi massa dan … continue reading

12Mar/15
berita

Sejarah Singkat Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

 sejarahx

Universitas Jember hingga saat ini mempunyai 15 Fakultas/Program dan 59 Program Studi. Sebagian besar Program Studi tersebut dalam mendukung proses pembelajarannya dilengkapi dengan Laboratorium yang di dalamnya banyak alat-alat ukur, seperti alat ukur volume, masa, jarak, temperatur, kelembaban, arus listrik dan sebagainya.

Untuk menjamin keandalan dan validitas data yang dikeluarkan laboratorium, sehingga karya-karya ilmiah atau ilmu dan pengetahuan serta layanan pada masyarakat luas dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan aspek hukum, maka didirikanlah Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember

Pendirian Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember ini sekaligus diimplementasikannya pengelolaan sistem mutu laboratorium di Universitas Jember berdasarkan ISO/IEC 17025:2005. Oleh karena itu, pada tahun 2012 dikeluarkannya SK Rektor Universitas Jember No. 1047/UN25/PS.8/2012 dan diperbaruhi sesuai dengan No. 10664/UN25/KL/2012, tentang Pembentukan Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember. Didalamnya terdapat struktur organisasi dan tupoksinya serta hal-hal yang bisa diatur kemudian. Pendirian Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember ini dapat diharapkan untuk bisa diketahui seberapa jauh perbedaan (penyimpangan) antara harga benar dengan harga yang ditunjukkan oleh alat … continue reading