berita

Sejarah Singkat Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

 sejarahx

Universitas Jember hingga saat ini mempunyai 15 Fakultas/Program dan 59 Program Studi. Sebagian besar Program Studi tersebut dalam mendukung proses pembelajarannya dilengkapi dengan Laboratorium yang di dalamnya banyak alat-alat ukur, seperti alat ukur volume, masa, jarak, temperatur, kelembaban, arus listrik dan sebagainya.

Untuk menjamin keandalan dan validitas data yang dikeluarkan laboratorium, sehingga karya-karya ilmiah atau ilmu dan pengetahuan serta layanan pada masyarakat luas dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan aspek hukum, maka didirikanlah Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember

Pendirian Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember ini sekaligus diimplementasikannya pengelolaan sistem mutu laboratorium di Universitas Jember berdasarkan ISO/IEC 17025:2005. Oleh karena itu, pada tahun 2012 dikeluarkannya SK Rektor Universitas Jember No. 1047/UN25/PS.8/2012 dan diperbaruhi sesuai dengan No. 10664/UN25/KL/2012, tentang Pembentukan Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember. Didalamnya terdapat struktur organisasi dan tupoksinya serta hal-hal yang bisa diatur kemudian. Pendirian Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember ini dapat diharapkan untuk bisa diketahui seberapa jauh perbedaan (penyimpangan) antara harga benar dengan harga yang ditunjukkan oleh alat ukur yang selama ini digunakan dalam proses pembelajaran di Universitas Jember dan Stakeholder (pelanggan).

Implementasi sistem mutu pengelolaan laboratorium di Universitas Jember ini sejalan dengan upaya yang dilakukan Dikti untuk percepatan penerapan ISO/IEC 17025:2005 di Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia. Beberapa PT baik negeri dan swasta telah mendapatkan akreditasi oleh KAN, sehingga beberapa laboratorium di Universitas Jember yang dikoordinasi oleh Badan Penjaminan Mutu (BPM) atau mandiri juga berupaya untuk mendapatkan pengakuan lembaga kompeten melalui akreditasi sehingga bisa melengkapi ISO 9001 yang telah didapatkan dari LS PT Mutu Agung Lestari Internasional.

Pada Tahun 2014 Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan kode LK 180 IDN dan sudah menerapkan sistem manajemen mutu yang memenuhi persayaratan SNI ISO/IEC 17025:2005 (ISO/IEC 17025:2008).

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *