studi-bandingx

KUNJUNGAN KE LABORATORIUM KALIBRASI PT.PAL INDONESIA (PERSERO)

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn
  • Sejarah PT. PAL Indonesia(Persero)
    Untitledv

    PT. PAL Indonesia (Persero), bermula dari sebuah galangan kapal yang bernama MARINA dan didirikan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1939. Pada masa pendudukan Jepang, Perusahaan ini beralih nama menjadi Kaigun SE 2124. Setelah kemerdekaan, Pemerintah Indonesia menasionalisasi Perusahaan ini dan mengubah namanya menjadi Penataran Angkatan Laut (PAL). Pada tanggal 15 April 1980, Pemerintah mengubah status Perusahaan dari Perusahaan Umum menjadi Perseroan Terbatas sesuai dengan akta No. 12, yang dibuat oleh Notaris Hadi Moentoro, SH.

    Lokasi Perusahaan di Ujung, Surabaya, dengan kegiatan utama memproduksi kapal perang dan kapal niaga, memberikan jasa perbaikan dan pemeliharaan kapal, serta rekayasa umum dengan spesifikasi tertentu berdasarkan pesanan.Kemampuan rancang bangun yang menonjol dari PAL Indonesia telah memasuki pasaran internasional dan kualitasnya telah diakui dunia. Kapal-kapal produksi PAL Indonesia telah melayari perairan di seluruh dunia.

  • Kunjungan ke Laboratorium Kalibrasi PT. PAL Indonesia

    Laboratoium Kalibrasi PT.PAL merupakan Laboratorium Kalibrasi yang telah di akredasi oleh KAN degan kode LK-043 IDN. Ruang lingkup Laboratoium Kalibrasi PT.PAL adalah Suhu, Tekanan, Dimensi, Kelistrikan, Waktu dan Frekuensi. Laboratoium Kalibrasi PT.PAL melayani jasa kalibrasi internal (untuk kebutuhan jaminan mutu PT.PAL sendiri khususnya dibidang pembuatan perkapalan) dan eksternal (melayani jasa kalibrasi dari stakeholder diluar PT.PAL).

    Pada tanggal 17 November 2015 sampai 18 November 2015 Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember melakukan kunjungan ke Laboratoium Kalibrasi PT.PAL yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi personel Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember serta menyusun kesepakatan dan implementasi kerjasama antara Laboratorium Kalibrasi PT PAL Indonesia dengan Laboratoriam Kalibrasi Universitas Jember.

    Pada hari pertama tiba, para personil Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember disambut baik oleh para personil Laboratoium Kalibrasi PT.PAL dan dikenalkan tentang profil dari PT.PAL Indonesia (Persero). Kemudian personil juga mengunjungi tempat penyimpanan dokumen seperti sertifikat dan prosedur kalibrasi yang tertata sangat rapi. Penataan dokumen di Laboratorium Kalibrasi PT.PAL menerapkan sistem 5R yaitu Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin. Dengan menerapkan sistem 5R Laboratorium pernah mendapatkan penghargaan berupa medali emas untuk tata cara penataan dokumennya tersebut.

    Jpeg

    Penyambutan oleh Bapak Adip dan Bapak Ahcmad dari Lab.Kalibrasi PT.PAL

    Jpeg

    5R yang diterapkan di Laboratoium Kalibrasi PT.PAL

    IMG_20151118_073257

    Penataan dokumen di Laboratorium Kalibrasi PT.PAL

    Sebelum kembali ke hotel untuk beristirahat para personil Laboratorium Kalibrasi juga mengunjungi Bapak Sujitno yang pernah menjadi assesor pada saat survailen pertama Laboratorium Kalibrasi untuk bersilaturahmi. Kemudian pukul 19.00 WIB para personil mengundang Bapak Sujitno untuk berdiskusi mengenai sistem penjaminan mutu SNI ISO/IEC 17025:2008, peningkatan kompetensi personil, persiapan pelatihan personil, dan evaluasi untuk personil setelah mendapat pelatihan.

    Mengunjungi Bapak Sujitno selaku assesor pada survailen pertama Lab.Kalibrasi Universitas Jember

    Mengunjungi Bapak Sujitno selaku assesor pada survailen pertama Lab.Kalibrasi Universitas Jember

    Di hari kedua sebelum kegiatan dimulai Bapak Agus, Bapak Adip, dan Bapak Yitno menjelaskan tentang profil Laboratorium Kalibrasi PT.PAL dan profil PT.PAL. Setelah itu kegiatannya adalah berkunjung ke ruang laboratorium yang digunakan untuk kalibrasi dimensi, tekanan, dan kelistrikan. Dalam kegiatan ini para personil dapat melihat secara langsung standart kerja yang digunakan untuk kalibrasi. Selain itu para personil Laboratoium Kalibrasi PT.PAL juga mengajarkan bagaimana cara mengkalibrasi dimensi, tekanan dan kelistrikan. Sehingga para personil Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember mendapatkan banyak sekali ilmu tentang kalibrasi.

    Penjelaskan tentang profil Laboratorium Kalibrasi PT.PAL dan profil PT.PAL.

    Jpeg

    Berkunjung ke ruang kalibrasi dimensi

    Jpeg

    Berkunjung ke ruang kalibrasi kelistrikan

    Berkunjung ke ruang kalibrasi tekanan

    Berkunjung ke ruang kalibrasi tekanan

    Setelah selesai mengunjungi masing masing ruang kalibrasi dimensi, tekanan, dan kelistrikan para personil Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember menuju ruang administrasi untuk melihat dokumen yang digunakan dari proses awal alat masuk, alat dikalibrasi sampai terbit sertifikat kalibrasi.

    Jpeg

    Mengunjungi ruang administrasi

    Ruang lingkup Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember yang terakreditasi oleh KAN hingga saat ini masih massa dan volume. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para personil Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember dapat mengembangkan kompetensinya dibidang kalibrasi dimensi, suhu, tekanan, dan kelistrikan. Sehingga di tahun 2016 Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember segera dapat menambah ruang lingkup kalibrasinya dibidang dimensi, suhu, tekanan, dan kelistrikan.

    Jpeg

    Foto bersama personil Laboratorium Kalibrasi PT.PAL

    Segenap personil Laboratorium Kalibrasi Universitas Jember mengucapkan terimakasih banyak kepada para personil Laboratorium Kalibrasi PT.PAL yang telah menyambut kami dengan baik dan telah banyak mengajarkan kepada kami ilmu tentang kalibrasi. Kami berharap kerjasama Laboratorium Kalibrasi PT.PAL Indonesia dengan Laboratoriam Kalibrasi Universitas Jember dapat berjalan dengan baik.  Tidak hanya kerjasama antar Laboratoriam Kalibrasi Universitas jember dan Laboratorium Kalibrasi PT.PAL namun juga kerjasama antar instansi yaitu Universitas jember dan PT.PAL akan terus berkembang.

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *